Simak Cara Meditasi yang Benar, Untuk Pemula!

Meditasi merupakan sebuah teknik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang membebani, membuat cemas dan juga menarik dalam kehidupan. Siapapun tentu saja bisa mencoba meditasi, asal tahu cara meditasi yang benar dan tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan.

Melakukan meditasi yang tepat akan membuat Anda bisa merasakan manfaat dari kegiatan ini secara optimal. Seperti diketahui, manfaat meditasi adalah membantu seseorang lebih konsentrasi dan lebih rileks serta batinnya damai. Apalagi bagi seseorang yang mengalami stress maka meditasi bisa jadi jalan untuk pengurangan stres. Berikut ini beberapa cara meditasi yang benar terutama untuk pemula.

1. Temukan Posisi Nyaman

Hal pertama yang harus dilakukan untuk meditasi adalah mencari posisi yang paling nyaman terlebih dahulu. Pastikan posisi tersebut bisa membuat anda bisa berkonsentrasi dengan baik untuk membuat tubuh lebih rileks. Anda juga bisa menyalakan lilin aromaterapi dan mematikan lampu, supaya konsentrasi bisa didapatkan dengan mudah.

Setelah itu tambahkan bantal untuk duduk di lantai agar nyaman. Bantal ini bisa membuat tubuh Anda tetap tegak dan tidak membungkuk supaya bisa menjaga kesehatan selama sesi meditasi.

2. Pilih Pakaian yang Nyaman

Hal kedua yang harus dilakukan sebelum meditasi adalah beli baju yang nyaman. Sebaiknya hindari pakaian berbahan jeans dan ketat, karena bisa membuat sesi meditasi jadi kurang nyaman.

Anda juga wajib menentukan waktu meditasi. Untuk pemula, maka sebaiknya gunakan waktu yang singkat terlebih dahulu yaitu selama 5 menit dan pasang alarm untuk menentukan waktu yang tepat. Jika sudah terbiasa maka bisa melakukan meditasi dengan waktu 1 jam.

3. Buang Semua Pikirin Negatif

Masuk ke tahap merilekskan tubuh dan juga pikiran dengan menutup kedua, mata lalu ambil nafas lewat hidung dan hembuskan perlahan lakukan selama beberapa menit sampai tubuh benar-benar rileks.

Setelah itu sembari mengatur nafas Anda bisa coba untuk buang pikiran negatif yang ada. Dengan begini, alam bawah sadar biasanya secara tidak langsung akan membantu untuk melepaskan semua energi negatif yang ada di kepala.

4. Konsentrasi

Setelah sombong jauh-jauh pikiran negatif kemungkinan selama aktivitas meditasi, Anda akan merasakan pikiran-pikiran lain yang mulai masuk. Namun hal ini harus dikesampingkan dan konsentrasi serta fokus pada aktivitas meditasi dengan fokus menggunakan alur pernapasan.

Setelah sudah bisa benar-benar fokus maka Anda juga harus konsentrasi pada satu objek kecil saja seperti misalnya pada nafas atau suara air, suara musik atau berfokus pada suara sekitar. Anda diharapkan untuk mempertahankan fokus ini tanpa diganggu oleh pikiran lainnya atau suara-suara lain. Jika fokus pada pernapasan, maka sebaiknya ambil nafas panjang lewat hidung lalu lakukan seolah-olah perut merupakan balon kecil yang menggembung seiring pengambilan nafas dan hembuskan melalui mulut dan melakukan teknik pernapasan selama aktivitas meditasi serta tetap fokus pada suara nafas.

5. Akhiri Meditasi Perlahan

Karena Anda sudah memasang alarm, waktu maka sudahi meditasi ketika alarm berbunyi. Menyudahi meditasi bisa dengan membuka mata terlebih dahulu secara perlahan dan kemudian Anda bisa luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan suara yang ada di sekitar.

Setelah sesi berakhir Anda bisa perhatikan bagaimana meditasi bisa memberikan dampak yang baik khususnya untuk pikiran dan emosi. Bahkan untuk kegiatan atau aktivitas pertama sekali meditasi sudah bisa menunjukkan dampak yang baik pada diri Anda dan keinginan untuk melakukan kegiatan relaksasi ini lagi di kemudian hari.

Itu tadi cara meditasi yang baik dan benar dan bisa dicoba terutama bagi anda para pemula. Banyak orang yang melakukan meditasi baik di rumah maupun di alam bebas yang penting cari posisi paling nyaman. Untuk para wanita yang menyukai aktivitas meditasi, di luar rumah maka lengkapi dengan produk terbaru Eiger perempuan yang memang khusus dihadirkan untuk para perempuan energik dan kreatif.

Eiger merupakan salah satu brand lokal terbaik pilihan anak muda tidak hanya untuk para cowok tapi juga cewek. Eiger bahkan mengeluarkan seri khusus untuk para perempuan pemberani dan tangguh yang menyukai berbagai aktivitas dengan melengkapi produk-produknya menggunakan produk dari merek lokal. Untuk info produk terbaru dari Eiger, khusus untuk para perempuan bisa kunjungi Eigeradventure.com.