Panduan Lengkap Membuat Kue Donat Sederhana dan Lezat

Donat, Resep Lezat yang Dapat Dinikmati Bersama Keluarga

Hello Sobat Teman Akrab! Sudah tahu donat sederhana dan lezat yang bisa dibuat sendiri di rumah? Donat merupakan salah satu kue yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut membuat donat menjadi pilihan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga. Dalam artikel ini, kami akan membagikan panduan lengkap tentang cara membuat donat sederhana yang pasti akan membuat lidah Sobat Teman Akrab bergoyang!

Sebelum kita memulai, pastikan Sobat Teman Akrab memiliki semua bahan yang diperlukan untuk membuat donat. Bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain:

1. 250 gram tepung terigu protein sedang

2. 50 gram gula pasir

3. 1/4 sendok teh garam

4. 2 sendok teh ragi instan

5. 125 ml susu cair

6. 1 butir telur

7. 50 gram mentega tawar, lelehkan

8. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat adonan donat yang sempurna. Pertama-tama, siapkan mangkuk besar dan campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan ragi instan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur secara merata.

Selanjutnya, buatlah lubang di tengah campuran tepung dan tuangkan susu cair, telur, dan mentega leleh. Aduk secara perlahan dengan menggunakan spatula atau sendok kayu hingga adonan tercampur rata. Jika adonan terlalu kering, Sobat Teman Akrab bisa menambahkan sedikit susu cair. Namun, pastikan adonan tidak terlalu lembek juga.

Setelah adonan tercampur dengan baik, tutup mangkuk dengan kain bersih dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Dalam waktu tersebut, adonan akan mengembang dan menjadi lebih empuk. Jika Sobat Teman Akrab ingin mempersingkat waktu, adonan juga dapat didiamkan selama 30 menit di dalam oven yang dinyalakan dengan suhu rendah.

Selama menunggu adonan mengembang, Sobat Teman Akrab bisa mulai memanaskan minyak goreng di dalam wajan. Pastikan minyak cukup banyak agar donat bisa terendam sepenuhnya saat digoreng. Selain itu, pastikan juga api tidak terlalu besar agar donat tidak terlalu cepat gosong.

Saat adonan telah mengembang, kempiskan adonan dengan cara menepuk-nepuknya selama beberapa menit. Setelah itu, uleni adonan dengan tangan hingga terlihat elastis dan tidak lengket. Kemudian, giling adonan dengan rolling pin hingga memiliki ketebalan sekitar 1 cm.

Selanjutnya, potong adonan menggunakan cutter berbentuk lingkaran atau gelas dengan diameter sekitar 7-8 cm. Buatlah lubang di tengah adonan dengan menggunakan plastik sedotan atau menggunakan gagang sendok. Jangan lupa untuk mengambil potongan kecil dari adonan yang dipotong untuk membuat donat berlubang!

Jika semua donat sudah dipotong dan dilubangi, masukkan donat ke dalam minyak panas dan goreng hingga berwarna keemasan. Pastikan Sobat Teman Akrab membalik donat agar matang secara merata. Setelah matang, angkat donat dan tiriskan dari minyak dengan menggunakan saringan atau tisu dapur.

Terakhir, donat siap dihidangkan! Sobat Teman Akrab bisa menambahkan topping sesuai dengan selera, seperti gula halus, cokelat leleh, atau selai favorit. Jika ingin membuat donat berisi, Sobat Teman Akrab juga bisa mengisi lubang donat dengan selai atau krim favorit.

Donat Sederhana dan Lezat Siap Dinikmati

Sekarang Sobat Teman Akrab sudah memiliki panduan lengkap untuk membuat donat sederhana dan lezat di rumah. Dengan resep ini, Sobat Teman Akrab bisa membuat donat segar dan nikmat kapan pun diinginkan. Selamat mencoba dan semoga donat buatan Sobat Teman Akrab berhasil dan disukai oleh semua orang!

Jangan lupa untuk berbagi resep ini dengan teman dan keluarga agar mereka juga dapat menikmati donat lezat buatan Sobat Teman Akrab. Selamat mencoba dan semoga sukses!