Cara Memilih Wallpaper Dinding yang Tepat

Keindahan suatu ruangan dipengaruhi oleh interior ruangan itu juga. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyusun interiornya, sehingga membuat suasana dalam ruang menyegarkan pikiran. Hal ini yang membuat pemasangan tidak bisa dilakukan sembarangan, karena berpengaruh pada ketahanannya juga. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pasang  wallpaper, antara lain:

1. Melakukan Observasi Pada Dinding

Langkah awal untuk menentukan wallpaper yang akan diletakkan pada dinding adalah melakukan observasi pada dinding itu. Periksa tekstur pada dinding tersebut dan perhatikan kekuatan pada dindingnya. Amati dengan benar dan pastikan permukaannya kuat. Cek juga kelembapannya, karena jika terlalu lembab akan sulit menempel.

Tidak hanya itu, bila tingkat kelembapan permukaannya cukup tinggi bisa berpengaruh pada kerusakan kertas yang ditempelkan nantinya. Apabila sudah selesai melakukan pengamatan dan menemukan kekurangan pada dindingnya, maka bisa diatasi dengan material yang sesuai. Jadi, jangan asal membeli bahan sebelum mengetahui kondisi bangunan yang ditempeli.

2. Cek Pencahayaan yang Masuk

Pada tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan cahaya yang masuk  pada ruangan. Kegiatan ini tidak bisa dilakukan dalam satu waktu, jadi harus beberapa kali dijalankan. Amati dengan sungguh-sungguh agar bisa menentukan motif yang sesuai nantinya. Apabila lokasi yang akan dihiasi itu kurang pencahayaan, pilihlah warna yang lebih terang agar tidak banyak menyerap cahaya.

Hal ini juga berlaku untuk kasar dan halusnya permukaan kertas yang akan ditempelkan. Apabila permukaannya halus, bisa menghasilkan ruangan yang lebih terang karena merefleksikan cahaya dengan baik. Hal ini berkebalikan dengan yang motifnya terlalu banyak, karena akan membuat ruangan tampak lebih gelap. Apalagi saat pencahayaannya kurang.

3. Pilih Tema untuk Ruangan

Sebelum memilih motif untuk dindingnya, usahakan sudah menentukan terlebih dahulu tema untuk ruangan yang akan dibuatnya. Hal ini bertujuan agar motif dan warna yang dipilih sesuai dengan yang dibutuhkan. Kesalahan dalam memilih material akan mengurangi nilai keindahan suatu benda, jadi harus benar-benar teliti saat menentukan pilihan.

Tema itu bisa berkaitan dengan mood penghuni tempat itu. Apabila hal-hal yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan, maka akan memberikan aura positif pada pemiliknya saat berada disitu. Buatlah tema yang sewajarnya dan tidak berlebih-lebihan agar orang-orang yang melihatnya tidak merasa bingung dan bisa ikut menikmatinya.

4. Cocokkan Motif yang Sesuai Tema

Ketika tema sudah ditentukan, cocokkan motifnya yang sesuai dengan kondisi ruangan. Berikan motif yang searah dan mampu menyatu dengan perabotan lainnya. Hal ini akan membuat orang-orang yang memandangnya merasakan kenyamanan tersendiri. Hindari pemberian motif yang tidak seirama dengan perabotan dalam ruangan, karena bisa memperburuk pemandangan.

Apabila ruangannya terlalu ramai, bisa ditambahkan motif yang tidak begitu banyak gambar jadi terkesan elegan. Carilah motif yang dibutuhkan sebagaimana tema yang ditentukan, jangan asal memilih karena ingin padahal tidak sesuai kebutuhan. Lakukan pemilihan dengan lebih hati-hati dan konsentrasi agar tidak tergiur dengan motif yang tak senada.

5. Pilih Warna yang Senada dengan Perabotan dalam Ruang

Saat memilih motif harus memperhatikan warnanya bisa mewakili perabotan dalam rumah atau tidak. Ketika warna pada motif itu senada dengan perabotannya, akan membuat keadaan rumah lebih mengesankan. Apabila bingung dengan langkah ini bisa konsultasi dengan orang-orang yang ahli pada bidang desain ruangan. Keindahan ruangan akan memberikan kesejukan hati penghuninya.

Demikian cara memilih wallpaper dinding dengan tepat yang bisa dilakukan dengan mudah. Ketepatan material, bentuk, dan motif sangat berpengaruh dalam keindahan ruangan yang ada. Pada saat melakukan pengukuran juga harus teliti, sehingga hasilnya efisien dan tidak menyisakan material berlebihan.