Memiliki Darah Indonesia, Inilah 5 Fakta Menarik tentang Jairo Riedewald

Pemain andalan Crystal Palace, Jairo Riedewald saat ini menjadi bahan perbincangan publik setelah dikabarkan ingin membela timnas Indonesia dan menolak pinangan dari Suriname. Jairo Riedewald merupakan pemain kelahiran 9 September 1996, di Belanda.

Sebelum Ia membela Crysta Palace, Riedewald sempat bergabung dengan AFX Ajax dan Jong Ajax (tim Ajax usia muda). Saat ini, dikabarkan bahwa Jairo Riedewald sedang diminati oleh Brighton karena performa yang baik di musim ini.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik dari sosok pemain yang memiliki keturunan Indonesia ini. Penasaran? simak ulasannya di berikut ini.

1. Status Keturunannya Sempat Diragukan

PSSI pernah meragukan status keturunan dari Jairo Riedewald, namun keraguan tersebut terbantahkan. Setelah diketahui, bahwa Jairo Riedewald memiliki ayah kandung orang Suriname dan Ibunya yang berdarah Belanda-Indonesia.

Selain itu, Jairo Riedewald juga memiliki darah keturunan Indonesia dari neneknya yang dipercaya merupakan asli kota Manado, Sulawesi Utara.

Selain keturunannya yang diragukan, ternyata PSSI mengetahui bahwa Jairo Riedewald tertarik untuk bergabung ke timnas Indonesia berkat kerabatnya yang menghubungi PSSI langsung.

2. Sempat Membela Satu Tim yang Sama dengan Ezra Wilian

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Jairo Riedewald adalah pemain profesional sepak bola yang pernah bergabung dengan tim Ajax usia muda atau disebut Jong Ajax. Pada saat itu, ternyata Riedewald pernah bermain bersama pemain yang saat ini membela Persib Bandung, Ezra Walian.

Selain dengan Ezra Walian, Jairo Riedewald juga sempat satu angkatan bersama pemain kelas atas yaitu, Frenkie de Jong dan Donny Van de Beek.

3. Jairo Riedewald Sempat Dilirik oleh Juventus

Sebelum bergabung dengan Crystal Palace di awal musim 2017/2018 dengan biaya transfer 9 juta euro atau kurang lebih 155 Miliar, Ternyata klub besar Italia yaitu Juventus pernah tertarik untuk mendatangkan Jairo Riedewald.

Meski memilih untuk berlabuh ke Crystal Palace, justru di klub asal Inggris inilah yang membuat ia menjadi salah satu gelandang yang disegani saat ini. Di Liga Inggris musim 2020/2021, Riedewald pernah bermain secara reguler hingga 33 laga.

4. Menjadi Salah Satu Pemain Andalan Timnas Belanda di Usia Muda

Di riwayat Karirnya menjadi pemain sepak bola profesional, Jairo Riedewald juga sempat bermain untuk timnas Belanda di berbagai macam level usia. Hal ini membuktikan bahwa Ia menjadi pemain yang diandalkan di Timnas Belanda.

Usia timnas Belanda yang sempat Jairo Reidewald bela mulai dari timnas Belanda U-15 hingga timnas Belanda U-21. Sama halnya dengan para pemain keturunan belasteran Indonesia lainnya seperti Justin Hubner, Shayne Pattynama, Thom Haye, dan Sandy Walsh.

5. Masuk ke Daftar Pemain Tur Ajax di Indonesia dan Bermain bersama Persib dan Persija

Fakta yang tidak kalah menarik tentang Jairo Riedewald adalah sempat bertanding melawan dua klub elit di Liga 1 Indonesia yakni Persib Maung Bandung dan Persija Jakarta.

Pertandingan yang digelar pada bulan Mei tahun 2014 lalu, Jairo Riedewald saat itu masih membela klub Ajax Amsterdam. Pada saat itu, Ajax Amsterdam yang ditunggangi oleh Frank de Boer menggelar tur ke Indonesia untuk beberapa tim besar Indonesia seperti Persib Bandung dan Persjia Jakarta.

Di kala itu, Riedewald dan kawan-kawan berhasil mempertunjukan permainan yang ciamik saat berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk menghadapi Persija Jakarta. Persija Jakarta harus menerima kekalhan terhadap Ajax dengan skor akhir 0-3.

Sementara saat melakukan pertandingan persahabatan kedua melawan Persib Bandung di Stadion Jalak Harupat, Persib Bandung mampu menahan imbang Ajax dengan skor 1-1.